Breaking

Monday, July 3, 2017

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Kuniran (Upeneus moluccensis) | Goldband goatfish | Ikan Biji Nangka


Ikan kuniran (Upeneus moluccensis) merupakan jenis ikan yang memiliki bentuk badan memanjang sedang, pipih samping dengan penampang melintang bagian depan punggung, serta ukuran maksimum tubuhnya yang dapat mencapai 20 cm. Ikan  ini banyak ditemukan di perairan pantai (www.fishbase.org). Kebiasaan makanan ikan kuniran adalah 59,49% jenis udang, 14,51% ikan-ikan kecil, dan 13,51% moluska. Ikan kuniran (Mullidae) termasuk ke dalam jenis ikan demersal. Sebagai ikan konsumsi, ikan ini bernilai kurang ekonomis dibandingkan beberapa jenis ikan demersal lainnya. Ikan ini banyak digunakan sebagai bahan baku pakan dalam budidaya udang dan ikan.

Klasifikasi ikan kuniran adalah :
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : Actinopterygii
Subkelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Subordo : Percoidei
Famili : Mullidae
Genus : Upeneus
Spesies : Upeneus moluccensis
Nama FAO : Goldband goatfish
Nama Indonesia : Kuniran, Biji nangka, Kunir, Kakunir, Kuning


Ikan kuniran tersebar hampir di seluruh wilayah perairan Indonesia. Seperti yang diketahui, kelompok ikan demersal mempunyai ciri-ciri bergerombol tidak terlalu besar, aktifitas relatif rendah dan gerak ruaya juga tidak terlalu jauh. Sehingga dari ciri-ciri yang dimiliki tersebut, kelompok ikan demersal cenderung relatif rendah daya tahannya terhadap tekanan penangkapan. Alat tangkap yang digunakan untuk menangkap ikan kuniran adalah dogol, cantrang, bagan, dan berbagai alat tangkap ikan demersal lainnya. Jika upaya penangkapan ditingkatkan maka mortalitas pun akan meningkat. Apabila hal ini terjadi terus menerus maka yang terjadi adalah terancamnya kelestarian sumberdaya ikan demersal, salah satunya adalah ikan kuniran.

1 comment:

  1. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    More than 160k men and women are trying a easy and secret "liquids hack" to burn 2lbs each and every night as they sleep.

    It's proven and it works on anybody.

    This is how to do it yourself:

    1) Go get a clear glass and fill it up with water half full

    2) Proceed to use this weight loss HACK

    and you'll become 2lbs skinnier when you wake up!

    ReplyDelete

Adbox