Breaking

Saturday, June 10, 2017

Bagian Ikan Manakah yang Sering Diserang oleh Penyakit atau Bakteri?


Berdasarkan daerah penyerangan penyakit pada tubuh ikan terutama penyakit infeksi, dibagi 3 yaitu sebagai berikut:

1. Kulit
Ikan yang terserang penyakit pada kulitnya akan terlihat lebih pucat (tampak jelas pada ikan yang berwarna gelap) dan berlendir. Ikan tersebut biasanya akan menggosok-gosokkan tubuhnya pada benda-benda yang ada disekitarnya. 

2. Insang
Serangan penyakit pada ikan menyebabkan ikan sulit bernapas, tutup insang mengembang, dan warna insang menjadi pucat. Pada lembaran insang sering terlihat bintik-bintik merah karena pendarahan kecil (peradangan).

3. Organ dalam
Penyakit yang menyerang organ dalam sering pengakibatkan perut ikan membengkak dengan sisik-sisik yang berdiri (penyakit dropsi). Sering pula dijumpai perut ikan menjadi kurus. Jika menyerang usus, biasanya akan mengakibatkan peradangan dan jika menyerang gelembung renang, ikan akan kehilangan keseimbangan pada saat berenang.

Organisme patogen yang sering menimbulkan penyakit bagian luar tubuh ikan disebut ektopatogen, dan bila ditimbulkan oleh parasit disebut ektoparasit. Sedangkan yang menyerang di bagian dalam tubuh ikan disebut endopatogen. Serangan endopatogen atau endoparasit dianggap lebih berbahaya dibandingkan ektopatogen atau ektoparasit, karena efek serangannya sulit dideteksi secara dini, sehingga petani ikan sering terlambat mencegahnya. Serangan endopatogen atau endoparasit baru dapat dipastikan bila dilakukan pemeriksaan organ dalam ikan. Sedangkan untuk bisa memeriksa organ dalam, ikan harus dibedah (dibunuh). Organ yang diserang oleh bakteri Pseudomonas aeruginosa yaitu mata, mata menonjol dan sering kali lepas, kulit kelihatan melepuh yang kemudian menjadi borok. Organ yang diserang oleh bakteri Aeromonas hydrophila yaitu mata, sisik, sirip, insang, kulit, hati, ginjal dan limfa.

No comments:

Post a Comment

Adbox