Breaking

Saturday, June 24, 2017

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Tembakang (Helostoma temminckii) - Kissing Gourami




Susunan taksonomi ikan tembakang adalah sebagai berikut:
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Pisces
Sub kelas : Teleostei
Ordo : Labyrinthici
Sub ordo : Anabantoidei
Famili : Anabantidae
Genus : Helostoma
Spesies : Helostoma temminckii

Ciri-ciri ikan tembakang yaitu memiliki badan pipih dan berbentuk oval lonjong. Mulut monyong dan dapat disembulkan, celah mulut horisontal sangat kecil. Rahang atas dan bawah sama, bibir tebal, memiliki deretan gigi yang pada ujungnya berwarna hitam. Sisik tergolong stenoid, pada daerah punggung bewarna kehijauan dan mempunyai garis sisik (linea lateralis). Kesukaannya menempelkan bibir tebalnya pada benda apapun atau pada bibir pasangannya menjadikan ikan tembakang disebut kissing gourami.

Ikan tembakang merupakan satu-satunya ikan dari anggota family helostomatidae yang dapat ditemukan di Asia Tenggara. Selain sebagai ikan konsumsi, ikan ini juga dipelihara sebagai ikan hias, karena warnanya yang unik dan kebiasaannya menghisap dan mencium bibir ikan lain, tanaman air dan benda lainnya.

Habitat Ikan Tembakang
Ikan tambakan biasa hidup di perairan rawa (black fish) yang banyak ditumbuhi tanaman air. Ikan ini dapat hidup pada kondisi perairan asam (pH 5,5-6,5) dan kadar oksigen yang relatif rendah (3-5 mg/l). Pada saat musim kemarau, ikan ini cenderung tinggal di cekungan tanah pada perairan rawa (lebung) atau danau yang masih berisi air. Sedangkan pada saat musim penghujan, air tinggi dan menyebar di rawa yang lebih luas. Saat memijah ikan ini akan menuju tepi sungai yang landai sehingga ikan ini mudah ditangkap. Penyebaran ikan tembakang meliputi Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Thailand.


Ikan tembakang dewasa dapat mencapai ukuran panjang total ± 30 cm. Ikan ini bersifat benthopelagis, yaitu mendiami air tepat di atas bagian bawah dengan memakan benthos dan plankton. Ikan bentopelagis memiliki daya apung netral, sehingga mereka dapat mengapung di kedalaman air dengan mudah. Ikan tembakang dapat hidup pada kisaran pH 6,0 - 8,0. Ikan tembakang hidup pada iklim tropis dengan kisaran suhu 22o – 28oC pada kisaran lintang16°N - 6°S.

No comments:

Post a Comment

Adbox