Breaking

Saturday, June 24, 2017

Klasifikasi, Habitat dan Morfologi Ikan Tawes (Barbodes gonionotus)


Ikan tawes adalah salah satu ikan air tawar yang mudah dibudidayakan oleh para petani ikan, baik di kolam atau di waduk dengan menggunakan jaring apung. Selain sebagai pemenuhan kebutuhan pangan, ikan tawes juga dapat meningkatkan nilai gizi masyarakat, karena ikan tawes banyak mengandung protein hewani.

Menurut Kottelat (1993), klasifikasi ikan tawes adalah sebagai berikut:
Phylum : Chordata
Classis : Pisces
Ordo : Ostariophysi
Familia : Cyprinidae
Genus : Barbodes
Species : Barbodes gonionotus Sinonim Puntius javanicus

Ikan tawes memiliki badan dengan ciri-ciri sebagai ikan familia Cyprinidae, yaitu badannya ditutupi dengan sisik-sisik sikloid atau campur dengan sisik-sisik stenoid. Sirip dubur dan sirip punggung ada yang pendek dan ada yang panjang, sedangkan sirip ekornya bercagak, bentuknya simetris. Sirip dada terletak jauh dari sirip perut pada bagian depan badan. Celah insangnya lebar, terletak di belakang tutup insang. Ikan tawes memiliki tinggi badan 2,4 – 2,6 kali panjang standar. Moncong ikan tawes runcing, mulutnya terletak di ujung terminal (tengah), dan mempunyai dua pasang sungut yang sangat kecil. Permulaan sirip punggung berhadapan dengan sisik garis rusuk yang ke 10. Ikan tawes berwarna keperak-perakan, warna sisik di bagian punggung lebih gelap, sedangkan warna sisik di bagian perut putih. Dasar sisik berwarna kelabu dengan sirip gelap.

Habitat
Ikan tawes merupakan ikan asli Indonesia dengan nama “Putuhan atau Bander Putihan“. Ikan tawes dapat dibudidayakan dengan baik mulai dari tepi pantai (di tambak air payau) sampai ketinggian 800 m di atas permukaan air laut, dengan suhu air optimum antara 25 –330C. Ikan tawes merupakan penghuni sungai dengan arus deras. Tubuhnya yang langsing dan tinggi disiapkan untuk menghadapi kondisi alam perairan yang berarus deras. Ikan tawes dapat juga menerima makanan tambahan seperti sisasisa dapur, dedak dan bungkil. Tawes tergolong sebagai ikan pemakan tumbuhtumbuhan. Larva ikan tawes memakan alga bersel satu (uniseluler) dan zooplankton yang halus. Ikan tawes dewasa suka memakan daun-daunan seperti daun talas dan singkong serta tanaman air seperti Hydrilla verticillata. Ikan tawes mudah berkembang biak di alam tetapi juga tidak sulit dikembangkan di kolam dan sawah.

No comments:

Post a Comment

Adbox