Breaking

Tuesday, April 25, 2017

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Cakalang / Tuna SkipJack



Ikan cakalang tergolong sumberdaya perikanan pelagis penting dan merupakan salah satu komoditi ekspor. Ikan cakalang terdapat hampir di seluruh perairan Indonesia, terutama di Bagian Timur Indonesia. Kegiatan penangkapan ikan tuna termasuk cakalang telah berkembang di perairan Indonesia, khususnya perairan timur Indonesia sejak awal tahun 1970-an.



Deskripsi Fisik

Ikan cakalang / Skipjack memiliki tubuh yang ramping yang kebanyakan tanpa sisik. Bagian belakangnya berwarna ungu gelap. Skipjack bisa hidup selama 8-10 tahun, tumbuh hingga 1m panjangnya dan beratnya sekitar 18kg. Ciri khas dari ikan cakalang memiliki 4-6 garis berwarna hitam yang memanjang di samping bagian tubuh. Ikan cakalang pada umumnya mempunyai berat sekitar 0,5 – 11,5 kg serta panjang sekitar 30-80 cm. Ikan cakalang mempunyai ciri-ciri khusus yaitu tubuhnya mempunyai bentuk menyerupai torpedo (fusiform), bulat dan memanjang, serta mempunyai gill rakers (tapis insang) sekitar 53-63 buah. Ikan cakalang memiliki dua sirip

Habitat dan Distribusi
Skipjack sangat bermigrasi dan ditemukan di seluruh Samudra Pasifik, Atlantik dan Hindia antara 45 derajat Utara dan 40 derajat di Selatan. Skipjack biasanya berenang di dekat permukaan pada malam hari dan bisa menyelam hingga 250m di siang hari. Sekolah besar tuna nakal dewasa sering bercampur dengan kuning muda dan tuna bigeye.

Reproduksi
Skipjack matang lebih awal, sekitar usia 1 dan sekitar 16 inci. Skipjack bertelur sepanjang tahun.

No comments:

Post a Comment

Adbox