Breaking

Wednesday, April 26, 2017

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Kerapu Macan


Ikan kerapu macan masuk ke dalam ordo Perciformes; famili Serranidae, Genus Epinephelus dan spesies Epinephelus fuscoguttatus. Ikan ini termasuk ikan pemakan aktif dan sensitif terhadap perubahan kualitas air yang fluktuatif, perlu cahaya tetapi tidak langsung dari matahari, berenang di dasar air dengan temperatur optimal 26oC, panjang rata-rata maksimal 90 cm. Tubuh kerapu macan dipenuhi sisik yang berukuran kecil yang berbentuk sikloid.

Nama kerapu diberikan biasanya untuk empat genus Serranidae yaitu Epinephelus, Variola, Plectropampus dan Cromileptes. Di Indonesia Epinephelus sendiri mempunyai 38 spesies. Sebagian besar famili Serranidae hidup di perairan dangkal dengan dasar pasir berkarang, walaupun beberapa jenis dapat ditemukan di perairan dalam. Ikan kerapu macan mempunyai ukuran tubuh yang relatif lebih besar dan pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan jenis ikan lain. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki nilai ekonomi tinggi, menjadi sumber devisa dan merupakan komoditi ekspor unggulan ke Singapura, Hongkong, Jepang dan Amerika.

Ikan kerapu macan sebagai komoditi ekspor menyumbang devisa negara sebesar 580 juta US $ pada tahun 2003. Ikan kerapu macan hidup di daerah karang sehingga biasa disebut kerapu karang. Dalam dunia perdagangan internasional dikenal dengan nama flower atau carped cod. kerapu di Indonesia banyak ditemukan di perairan Pulau Sumatera, Pulau Buru, Pulau Jawa, Sulawesi, dan Ambon. Salah satu indikator adanya ikan kerapu adalah perairan karang. Indonesia memiliki perairan karang yang cukup luas sehingga potensi sumber daya ikan kerapu sangat besar.


Pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan kerapu macan berlangsung baik pada suhu berkisar antara 25oC-32oC, salinitas berkisar antara 20 ppt-32 ppt, oksigen terlarut (DO) berkisar antara 4 ppm - 8 ppm dan pH berkisar antara 7,5-8,3. Sedangkan menurut Akbar & Sudaryanto (2001) bahwa ada keterkaitan pertumbuhan dan kondisi lingkungan perairan pada lokasi budidaya ikan kerapu, seperti suhu berkisar 27oC-29oC, salinitas 30-33 ppt, pH berkisar antara 8,0-8,2 dan oksigen terlarut (DO) lebih besar dari 5 ppm. Ikan kerapu macan bisa juga hidup di perairan muara sungai dengan kisaran kadar garam 15-30 ppt, suhu air 24oC- 31oC, dan kadar oksigen terlarut antara 4,9-9,3 mg/l. 

No comments:

Post a Comment

Adbox