Breaking

Wednesday, May 10, 2017

Pengusaha Taipe: Laut Indonesia Terbaik di Dunia (Budidaya Ikan)

mongabay.co.id

Indonesia merupakan negara dengan luas laut yang besar dan memiliki potensi di sektor perikanan yang  besar pula. Kepala Perwakilan Taipei Economic and Trade Office (TETO) untuk Indonesia, John Cheng Chung, mengatakan pengusaha-pengusaha Taiwan sudah lama membidik Indonesia untuk bisnis perikanan. Beberapa pengusaha Taiwan sudah banyak yang berinvestasi di sektor perikanan Indonesia dengan membawa teknologi dari negara pulau tersebut.

"Potensi laut Indonesia sangat besar. Ini menarik investor dari Taiwan masuk ke Indonesia, ini (investasi Taiwan) juga agar sektor ini lebih berkembang lebih bagus lagi," ujar Chen ditemui di Lembaga Pendidikan Keahlian (LPK) Teknik Formosa Sentral, Jati Uwung, Kota Tangerang, Jumat (5/5/2017).

Lantas, kenapa pengusaha Taiwan masuk ke sektor perikanan Indonesia? Menurut John, wilayah perairan Indonesia adalah salah satu lokasi budidaya ikan terbaik di dunia.

"Kalau dibuat jadi peternakan ikan (budidaya), Indonesia itu merupakan negara yang paling cocok dan paling bagus di dunia untuk beternak ikan. Potensinya sangat besar di Indonesia," kata Chen yang sudah sekitar 4 bulan berada di Indonesia ini.

Dia menambahkan, selama ini investor Taiwan memang lebih banyak berinvestasi di sektor industri. Namun kebijakan pemerintah Taiwan yang gencar kampanye investasi ke negara-negara di kawasan Selatan atau Go South, mendorong aliran investasi lebih besar ke berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Tak terkecuali di sektor perikanan.

"Yang ke Indonesia itu tekstil, kemudian sepatu, ban, dan sparepart mobil. Kemudian ke perikanan. Ekspektasinya akan bertambah (investasi) di kemudian hari karena pemerintah Taiwan mendorong Go South. Investasi keseluruhan Taiwan di Indonesia saat ini saja sudah US$ 14,9 miliar," jelas Chen


Sumber: Detik Finance

No comments:

Post a Comment

Adbox