Breaking

Thursday, June 8, 2017

Klasifikasi, Morfologi dan Habitat Ikan Selar (Selaroides leptolepis)


Ikan selar (Selaroides leptolepis) merupakan salah satu ikan yang banyak diminati masyarakat. Permintaan yang banyak dan harga yang cukup tinggi akan mendorong peningkatan penangkapan pada ikan ini.

Selar kuning, Selaroides leptolepis (Carangidae); hidup bergerombol di perairan lepas pantai, daerah-daerah pantai laut dalam, kadar garam tinggi, panjang ikan dapat mencapai 20 cm, umumnya 15 cm. Termasuk ikan pelagis kecil, pemakan plankton. Penangkapan dengan purse seine, payang, jaring insang, pukat beton, jala lompo.

Ikan selar kuning memiliki bentuk tubuh yang jorong memanjang dan pipih tegak atau yang biasa disebut fusiform, pangkal ekor kecil. Bentuk mulut ikan ini adalah subterminal. Mempunyai sisik-sisik kecil tipis jenis sikloid. Terdapat bintik hitam besar dibagian atas tutup insang. Sisi tubuh dan perut berwarna keperakan. Bagian punggung ikan berwarna biru dan terdapat garis kuning di bagian punggung. Rumus sirip ikan D. VIII. I. 25; A. II. I. 20; 26.

Klasifikasi (www.fishbase.org, 2015):
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Sub-phylum : Vertebrata
Class : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Family : Carangidae
Genus : Selaroides
Species : Selaroides leptolepis

Habitat dan Tingkah Laku Ikan Selar
Ikan selar termasuk ikan laut perenang cepat dan kuat. Penyebaran ikan ini adalah semua laut di daerah tropis dan semua lautan Indopasifik. Ikan ini banyak tertangkap di perairan pantai serta hidup berkelompok.

Ikan dari genus Caranx/selar teridentifikasi di perairan Indonesia sebanyak 30 jenis, yang tersebar mulai dari perairan Indonesia Barat sampai Indonesia Timur. Ikan selar lebih banyak jumlah dan jenisnya di perairan Indonesia Timur dibandingkan dengan perairan Indonesia Barat. Daerah distribusi ikan selar meliputi Sumatera (Tarusan, Padang, Tiku, Pariaman, dan Sibolga), Nias, Pulau Weh, Singapura, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Sulawesi (Makasar, Bulukumba dan Manado), dan Laut Banda (Weber dan Beaufort, 1913).

Daerah penyebaran ikan selar dapat dilihat pada Gambar yaitu meliputi Pasifik bagian barat, tersebar hampir di seluruh Indonesia, Persian, Philippina, Jepang bagian utara, Arafuru bagian selatan dan Australia. Ikan selar hidupnya di berada di kedalaman 1-25 m (www.fishbase.org, 2015). 



No comments:

Post a Comment

Adbox