Breaking

Wednesday, June 7, 2017

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Belida / Ikan Lopis / Ikan Pangaju


Klasifikasi ikan belida (Chitala lopis) in www.fishbase.com adalah sebagai berikut :
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Osteoglossiformes
Famili : Notopteridae
Genus : Chitala
Spesies : Chitala lopis (Bleeker 1851)
Sinonim : Notopterus chitala
Nama lokal : Pangaju (Jawa), Lopis (Jawa Barat), Belidah/Blidah (Kalimantan Barat), Pipih (Kalimantan Selatan), Belido (Palembang)
Nama umum : Giant featherback

Ikan belida merupakan spesies ikan air tawar yang menghuni perairan umum di Indonesia. Ikan belida tergolong ikan purba dengan bentuk tubuh yang unik. Ikan belida menjadi hewan maskot dan bahan utama makanan tradisional masyarakat Sumatera Selatan seperti kerupuk dan empek‐empek.

Ikan belida memiliki bentuk kepala cekung pada bagian yang dekat punggung, rahang semakin panjang sesuai dengan meningkatnya umur, hingga jauh melampui batas belakang mata. Sisik preoperkulum lebih dari 10 baris, 117‐127 jari‐jari pada sirip dubur, 43‐49 pasang duri kecil di sepanjang perut. Pola warna berkisar dari 3 fase yaitu fase maculosus (150‐270 mm), seluruh badan ditutupi bintik bulat kecil. Banyak baris miring berbintik‐bintik pada sirip dubur dan badan bagian belakang, dan sebuah bintik hitam pada pangkal sirip badan (fase borneensis, 300‐600 mm). tidak ada tanda‐tanda lain kecuali bintik hitam pada pangkal sirip dada (fase hypselonotus, > 600 mm); beberapa spesimen tidak memiliki tanda‐tanda pada badan (fase lopis, kisaran ukuran tidak dikenal).

Ikan belida memiliki bentuk tubuh simetri bilateral, kepala kecil dan bungkuk di bagian tengkuk. Sirip ekor langsung bersambungan dengan sirip anal. Mulut dapat disembulkan dengan posisi terminal. Posisi sirip perut terhadap sirip dada abdominal. Sirip dorsal kecil seperti bulu. Tubuh agak licin, bagian atas kehitaman agak kelabu sedangkan bagian bawah keperakan. Garis sisi (linea lateralis) satu buah, lengkap dan tidak terputus.

No comments:

Post a Comment

Adbox